MATERIAL

Materi ‘Geometri dan Pengukuran’

Pembelajaran Pengolahan Data Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) kelas VI semester I terdapat materi tentang ‘Pengolahan Data’ . Disebutkan tentang standar kompetensi ‘mengumpulkan dan mengolah data’ dan kompetensi dasar berupa: mengumpulkan dan membca data, mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel, dan menafsirkan sajian data. Dalam hal ini data yang dikumpulkan berkaitan dengan kegiatan yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu penggunaan air. Kegiatan ini berhubungan dengan materi ‘Geometri dan Pengukuran’ yaitu menghitung volume kubus dan balok dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.

Alat dan Bahan:

  1. satu dos air mineral botol ukuran sedang (600ml)
  2. satu buah gayung dan ember plastik

Proses Pembelajaran:

  1. Untuk mengetahui berapa banyak air dalam satu gayung dan satu ember, siswa menumpahkan air botol air mineral ke dalam gayung dan ember hingga penuh. Siswa menghitung berapa botol air yang diperlukan untuk memenuhi gayung dan ember tersebut, kemudian dikalikan dengan 600ml untuk mendapatkan volume gayung dan ember dalam satuan liter.
  2. Masing-masing kelompok menyelesaikan pekerjaannya dengan membuat grafik berdasarkan data yang dikumpul
  3. Guru menutup pelajaran, bersama – sama siswa menyimpulkan sapa yang lebih boros menggunakan air
  4. sebelum siswa bubar guru memberikan tugas kepada seluruh siswa: a) menghitung rata-rata kebutuhan air dalam sehari dalam satu keluarga. siswa diminta mencari informasi tentang penggunaan air untuk mencuci pakaian dan memasak untuk satu keluarga; b) untuk mengamankan persediaan air selama satu minggu, suatu keluarga ingin membuat sebuah tangki/bak air yang berbentuk balok. Siswa diminta membantu keluarga tersebut membuat tangki /bak air dengan ukuran yang sesuai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s