Transportasi : Bus Trans Metro Pekanbaru

Sarana angkutan umum massal Trans Metro Pekanbaru, akhirnya resmi beroperasi. Dari puluhan kota besar di Indonesia, Pekanbaru adalah kota kelima menerapkan sistem bus rapid transit atau sistem transportasi cepat. Sejumlah kota besar lainnya seperti Surabaya, Semarang, atau Makassar sudah lama ingin menerapkan sistem ini namun tidak terealisasikan. Namun bagi para peneliti PMRI adanya angkutan umum massal Trans Metro Pekanbaru bisa dijadikan sebagai konteks yang menarik.

Bus Trans Metro Pekanbaru

Bus trans metro pekanbaru ini memulai beroperasi pada tanggal 18 juni 1009. Pekanbaru sebagai kota yang bukan Metropolitan, atau masih tergolong kota besar namun Pekanbaru sudah mulai dihinggap masalah kemacetan lalu lintas. Pemerintah Kota Pekanbaru mendatangkan Bus Trans seperti di kota besar Jakarta dan Jogja dengan harapan dapat mengatasi kemacetan jalan – jalan protokol di Pekanbaru.

Bagi para pendidik matematika dapat menjadikan permasalahan bus trans metro sebagai konteks matematika. Sebagai contohnya:

  • Direncanakan halte akan dibangun sebanyak 59 tempat dan sejauh ini yang sudah selesai 100 persen baru sekitar 19 unit halte dengan dana dari APBN. Berapa sisa halte yang belum dibangun 100 persen?
  • Dengan bus trans metro pekanbaru, warga bisa keliling kota dengan gratis selama satu hari. Untuk tahap awal, bus ini berkapasitas 33 penumpang tempat duduk dan 55 penumpang berdiri. Bus trans metro pekanbaru yang beroperasi sebanyak 12 bus. Berapa jumlah penumpang maksimal jika semua bus trans metro pekanbaru beroperasi?
  • Bus trans metro pekanbaru ini, baru melayani dua koridor, yakni Terminal BRPS-Tambusai-Sudirman-Harapan Raya-Kulim PP (koridor II). Rute lainnya adalah Pelita Pantai-Sudirman- andara-KH Nasution-Pasir Putih-Pandau PP (koridor I). Berapa banyak cara yang dapat ditempuh dari Pandau ke harapan raya?
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

5 Balasan ke Transportasi : Bus Trans Metro Pekanbaru

  1. Rusli Nur berkata:

    Alhamdulillah saya baru tahu , keberadaan P4MRI UR’s Blog setelah saya mengunjungi P4MRI UNP. Saya sangat tertarik
    isinya. Saya guru Matematika dan kepala MTs. Muhammadiyah 02 Pekanbaru.

  2. reni wahyuni berkata:

    Terimakasih atas tanggapan bapak.
    Bapak bisa berdiskusi disini bersama saya atau admin Zetra,,kami berusaha memberikan solusinya yang terkait dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia.

  3. Rusli Nur berkata:

    Setelah bertahun-tahun saya mengajar matematika di MTs dan SMP, selalu menjadi kendala pengembangan MTk di sekolah menengah ini, banyaknya tamatan SD kita yang tidak menguasai konsep perkalian dan penjumlahan sehingga mereka tidak dapat mengoperasikan bilangan bulat tanpa menggunakan kalkulator.

    Karena hal diatas, guru SMP selalu menyalahkan guru SD, Guru SMU selalu menyalahkan SMP dan seterusnya. Bagaimana ini mbak Reni solusinya.

  4. reni wahyuni berkata:

    permasalahan yang bapak ajukan merupakan permasalahan yang sedang terjadi pada pembelajaran matematika kita saat. jika kita hanya saling menyalahi dan tidak melakukan perubahan hal itu akan selalu terjadi. marilah sebaiknya kita melakukan perubahan dalam pembelajaran matematika, tidak langsung memberikan suatu algoritma yang ada kepada siswa, penerapan konsep yang mendasar adalah pada SD. oleh sebab itu,para peneliti PMRI melakukan penelitian dan menerapkan konsep dasar pada SD/MI karena inilah awal dari siswa untuk memahami konsep.
    Untuk pokok bahasan perkalian,bisa diawali dengan konsep penambahan dengan menggunakan konteks pada bentuk sarang tempat telur atau isi kotak kue.
    semoga ini bermanfaat.

  5. Rusli Nur berkata:

    – Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika di Kota Padangpanjang Sumatera Barat, pemerintah daerah setempat mengangkat 32 guru Matematika SD yang berlatar pendidikan S1 FKIP jurusan Matematika, sehingga seluruh SD di Padangpanjang memiliki Guru bidang studi S1. Mbak reni apakah di Pekanbaru tidak usaha seperti itu?

    – Apakah P4MRI UR tidak ada program kunjungan kesekolah
    di Pekanbaru ??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s