Siswa Riau Wakili Indonesia Olimpiade Matematika di Jerman

OLIMPIADE(10-06-2009): Wagubri HR Mambang Mit menerima Raja Oktovin, siswa SMAN 1 Pekanbaru yang menjadi peserta Olimpiade Matematika internasional yang akan digelar di Jerman. Raja Oktovin merupakan satu-satunya peserta dari luar Pulau Jawa.

Laporan Gema Setara dan Kartini Fattach Pekanbaru

Dunia pendidikan di Riau patut berbangga, seorang siswa dari SMAN 1 Pekanbaru, Raja Oktovin menjadi salah seorang peserta pada International Mathematics Olympiad (IMO-olimpiade matematika internasional) 2009, yang akan diselenggarakan di Bremen, Jerman dalam waktu dekat ini. Raja Oktovin merupakan satu-satunya peserta dari luar Pulau Jawa.

Selasa (9/6), Raja Oktovin bersama sejumlah guru SMAN 1 dan pendamping tim olimpiade matematika Indonesia Soewono dan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Riau Prof Irwan Effendi, melakukan audiensi dengan Wakil Gubernur Riau Drs H Raja Mambang Mit di kantor gubernur, dalam pertemuan itu dilaporkan tentang rencana keberangkatan Raja Oktovin ke Bremen, Jerman.

Wagubri HR Mambang Mit sendiri berpesan agar Raja Oktovin bisa menunjukkan prestasi gemilangnya sehingga bisa mengharumkan nama Indonesia umumnya dan Riau khususnya. Wagubri juga berpesan agar Raja Oktovin bisa menjaga kepribadian bangsa dengan baik dan tetap percaya diri dalam mengikuti olimpiade tersebut.

Pendamping tim olimpiade Matematika Soewono mengungkapkan, Raja Oktovin merupakan satu-satunya perwakilan Indonesia dari SMA negeri, sedangkan lima perwakilan Indonesia lainnya berasal dari sekolah swasta masing-masing dari Malang satu orang, Surabaya satu orang, Bandung satu orang dan Jakarta dua orang serta Riau satu orang.

Raja Aktovin dan kawan-kawan dalam olimpiade nanti akan berhadapan dengan peserta dari 84 negara di dunia, tim pendamping menargetkan perwakilan Indonesia akan bisa meraih prestasi gemilang, setidaknya bisa meraih prestasi serupa seperti tahun sebelumnya yang diselenggarakan di Spanyol

‘’Kita targetkan minimal bisa meraih medali perak sama seperti pelaksanaan olimpiade tahun lalu di Spanyol, untuk mencapai prestasi itu kita sangat optimistis, karena selama ini Raja Oktovin dan rekan-rekannya sudah melaksanakan training dengan dibimbing oleh ahli-ahli matematika di Indonesia,’’ ujarnya.

Enam perwakilan Riau dalam olimpiade ini diperoleh setelah dilakukan seleksi terhadap 2.000 peserta yang diutus oleh masing-masing sekolah, selanjutnya dilakukan seleksi ditingkat kabupaten/kota, kemudian seleksi tingkat provinsi.

Dari seleksi tingkat provinsi itu dijaring 33 orang calon peserta dan kemudian dilakukan seleksi ditingkat pusat didapat 15 orang calon dan akhirnya ditetapkan enam orang sebagai perwakilan Indonesia.

Raja Oktovin sendiri mengaku optimistis bisa berbuat yang terbaik untuk Indonesia, apalagi selama ini dirinya dan teman-teman sudah melakukan training dengan dibimbing oleh pakar-pakar matematika di Indonesia. ‘’Saya bersyukur atas kepercayaan ini dan saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menggapai prestasi gemilang dalam olimpiade ini,’’ tuturnya. Raja Oktavin yang merupakan siswa kelas XI A1 di SMA unggul tersebut. Prestasi ini tentunya semakin memperkuat dan mempertegas bahwa SMAN 1 adalah gudangnya siswa-siswi berprestasi, karena dengan terpilihnya Raja Oktavin ini, merupakan siswa keenam di sekolah ini yang mampu mewakili Indonesia diajang Olimpide Internasional.

Kepala SMAN 1 H Khaidir kepada wartawan menyebutkan, keberhasilan Oktavin ini patut menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Riau dan Pekanbaru khususnya. Karena tahun 2009 ini kembali bisa mengirimkan utusan guna mewakili Indonesia diivent internasional.

“Ini tentunya patut menjadi kebanggaan kita semua, karena pada tahun lalu siswa kita di Riau tidak ada yang mewakili Indonesia, dan tahun ini kembali ada,” sebut Khaidir, Selasa (9/6) di kantornya.

Khaidir menjelaskan, jadwal keberangkatan Oktavin ke Jakarta adalah tanggal 15 Juni, dan masih akan melakukan pembinaan hingga pada tanggal 22 Juni berangkat ke Breman untuk mengikuti IMO.(izl)

Sumber : http:// http://www.riaupos.com

Posted by : Zetra

Tentang Zetra

Zetra Hainul Putra (1985) grew up in the small city in Pariaman-West Sumatera, Indonesia. He studied in Public Elementary School 01 Kabun Cimpago (1991 – 1997), Public Junior High School 05 Pariaman (1997 – 2000), and Public Senior High School 02 Pariaman (2000 – 2003). Then, he enrolled in a program of Mathematics at mathematics Department, Mathematics and Science Faculty at Riau University. He graduated in 2007 and became a Mathematician. After that, he worked in Moslem Junior High School As-Shofa Pekanbaru and also an assistant lecturer in Rab University Riau, Indonesia. He taught Number theory, Statistics, Linear Algebra and Mathematic logic until 2009. Finally, He received a scholarship to continued his study, Master degree on Mathematics Education, at Sriwijaya University collaboration with Utrecht University unti 2011 about Realistic Mathematics. Since 2013, he worked at University of Riau.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s